Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:34 WIB

18 Hektare Hutan Jati di Bojonegoro Terbakar

Oleh : - | Kamis, 10 Agustus 2017 | 22:22 WIB
18 Hektare Hutan Jati di Bojonegoro Terbakar
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Bojonegoro - Selama bulan Juli 2017 lalu, seluas 18 hektare lahan hutan jati di Kabupaten Bojonegoro terbakar.

Kebakaran hutan tersebar disejumlah titik. Seperti di pinggir jalan poros penghubung Kecamatan Dander dengan Kecamatan Bubulan, serta di wilayah Kecamatan Ngasem.

"Mayoritas titik kebakaran berada di pinggir jalan raya," ujar Administrator Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bojonegoro, Daniel Budi Cahyono, Kamis (10/8/2017).

Daniel mengungkapkan, beberapa peristiwa kebakaran hutan kebanyakan diduga akibat adanya warga yang membuang puntung rokok di pinggir areal hutan. Selain itu adanya ulah oknum yang sengaja membuat titik api lalu merembet dan membesar.

"Banyaknya daun pohon jati kering yang rontok, serta kencangnya hembusan angin saat memasuki musim kemarau membuat api dengan cepat merembet," terangnya.

Meski terbakar, pohon jati yang sudah besar atau berusia lebih dari sepuluh tahun kemungkinan besar tidak akan mati, hanya gosong di bagian batang pohonya.

"Namun, jika pohon tersebut masih berusia di bawah lima tahun bisa mati terbakar," ungkapnya.

Pemkab Bojonegoro juga mengimbau kepada jajaran masyarakat dan instansi untuk lebih menyiapkan kesiapsiagaan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Sebab, sesuai prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Klimatologi Malang, menyebutkan bahwa untuk Kabupaten Bojonegoro prakiraan curah hujan Bulan Agustus, September, Oktober tahun 2017 sudah rendah. [beritajatim]

Tags

Komentar

 
x