Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 14:29 WIB

Penggeledahan Malang, KPK Sita Dokumen APBD

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 10 Agustus 2017 | 12:30 WIB
Penggeledahan Malang, KPK Sita Dokumen APBD
(Foto: inilahcom/ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menyita sejumlah dokumen proyek yang dibiayai APBD Malang. Dokumen disita dari penggeledahan di Malang.

"Dari penggeledahan yang dilakukan KPK di Malang kemarin (9/8/2017) disita sejumlah dokumen terkait APBD dan proyek yang sedang didalami dalam Penyidikan ini, dan barang bukti elektronik berupa HP (milik) sejumlah pejabat yang terkait dengan kebutuhan pembuktian," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (10/8/2017).

Ia memaparkan, penyitaan dokumen dilakukan terkait penyidikan perkara korupsi di Malang. Namun ia belum mau mengungkapkan siapa saja yang jadi tersangka dalam kasus ini.

"KPK sudah tetapkan beberapa orang tersangka dari unsur legislatif, pemkot dan swasta di kasus tersebut. Kegiatan di lapangan masih dilakukan sehingga informasi yang lebih spesifik terkait nama para tersangka dan kasusnya belum dapat kami ungkapkan," jelasnya.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang sebelumnya mengatakan, Ketua DPRD Malang, Muhamad Arief Wicaksono sudah dijadikan tersangka oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (9/8/2017).

"Perkara DPRD Malang (tersangka Moch. Arief Wicaksono, dkk) di luar kota Malang," kata Saut saat dikonfirmasi dalam pesan singkat.

Dugaan menguat penetapan tersangka kepada Ketua DPRD Malang berkaitan dengan pemulusan anggaran Pemkot Malang tahun anggaran 2015-2016.

Dugaan ini muncul setelah sebelumnya, pada 2016 silam, pihak KPK memintai keterangan sejumlah anggota DPRD Malang termasuk Arief.

Ditengarai ada dugaan pemberian dari oknum Pemkot Malang ke anggota DPRD setempat agar menyetujui anggaran sejumlah proyek tahun jamak atau multiyears, diantaranya yakni proyrk drainase dan Islamic Centre.

Sejak kemarin penyidik KPK memang menggeledah beberapa ruang kerja di kantor Pemerintah Provinsi Malang. Tak hanya kantor Walkot Malang yang digeledah, penyidik juga menggeledah ruang kerja Wakil Walkot Malang, Sutiaji dan ruang kerja Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkot Malang, Hadi Santoso. [rym]

 
x