Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 22:33 WIB

Kemendikbud Tegaskan Manfaat Sekolah Lima Hari

Oleh : Ajat M Fajar | Rabu, 9 Agustus 2017 | 23:20 WIB
Kemendikbud Tegaskan Manfaat Sekolah Lima Hari
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan bahwa kebijakan sekolah lima hari yang sekarang ramai dibicarakan disebutkan sebagai upaya untuk memperkuat pendidikan keluarga.

Dengan begitu keluarga pada Sabtu dan Minggu terutama orang tua dan anak punya banyak waktu luang berinteraksi dengan anaknya.

"Sabtu libur sangat pas buat keluarga karena mereka punya waktu berkumpul. Tentunya ada manfaat ada interaksi komunikasi yang baik antara orangtua dan anak," kata Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Sukirman disela-sela kegiatan 'Apresiasi Pendidikan Keluarga' di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Sukirman mengatakan dengan kegiatan 'Apresiasi Pendidikan Keluarga dengan tema Gerakan Pendidikan Keluarga Untuk Mengembangkan Karakter dan Budaya Prestasi Anak' sebagai acuan bagaimana tujuan yang baik untuk mengembangkan karakter.

Menurut dia keluarga yang dapat mengembangkan karakter anak. "Keluarga pilar utama untuk menentukan kesuksesan anak setelah diluar jam sekolah. Karenanya meski orangtua sibuk, namun anak perlu diperhatikan dengan baik. Dan orangtua harus berupaya lebih gigih menjalin komunikasi dengan tujuan membentuk karakternya," ujarnya.

Disamping itu kata dia, kebijakan sekolah lima hari dinilainya baik demi meningkatkan mutu pendidikan. "Dengan begitu guru punya banyak waktu untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Karena selama ini RPP masih suka copy paste. Sehingga bilamana guru mempunyai waktu lebih saya yakin akan dapat meningkatnya kualitas pembelajaran," paparnya.

Dia menjelaskan bahwa istilah "Full Day School" dalam undang-undang tidak pernah ada. "Jadi tidak ada istilah Full Day School yang ada sekolah lima hari," katanya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x