Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 23:48 WIB

Baleg Segera Tentukan RUU Prioritas Diselesaikan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 9 Agustus 2017 | 20:21 WIB
Baleg Segera Tentukan RUU Prioritas Diselesaikan
Wakil Ketua Baleg DPR, Firman Subagyo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Legislasi DPR segera menentukan Rancangan Undang-Undang (RUU) mana saja yang akan menjadi prioritas diselesaikan dengan mengajak diskusi pemerintah dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), karena tahun depan sudah masuk tahun politik.

"Baleg akan lakukan diskusi dengan Pemerintah dan DPD pada September untuk menyamakan pandangan serta komitmen yang akan diselesaikan apa saja," kata Wakil Ketua Baleg DPR, Firman Subagyo di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan ada beberapa RUU yang masuk Prolegnas dan disepakati bersama, namun dalam perkembangannya pemerintah tidak ikut membahas sehingga dibatalkan.

"Ini mengganggu dalam memenuhi target Prolegnas padahal itu sudah disepakati," ujarnya.

Di sisi lain, kata Firman, DPR harus konsisten apabila ada RUU yang tidak selesai dalam dua kali masa sidang maka jangan terus diberikan kesempatan. Karena menurut dia, ada RUU yang sudah lebih dari dua kali masa sidang tapi tetap diteruskan.

"Sehingga mengganggu kontelasi waktu pembahasan RUU, harus ada komitmen antara DPR dengan pemerintah. Karena ada RUU yang sudah dua kali masa sidang belum selesai namun tetap dilanjutkan," jelas dia.

Ia menegaskan Baleg tidak bertanggung jawab atas cepat atau lambatnya waktu penyelesaian RUU, karena Baleg hanya melakukan harmonisasi.

Menurut dia, pembahasan RUU di tingkat pertama ada di komisi, Panitia Khusus (Pansus) atau Panitia Kerja (Panja).

"RUU diselesaikan bukan di Baleg sepenuhnya namun di komisi dan pansus masing-masing. RUU tidak mungkin selesai dibahas untuk disahkan menjadi UU kalau tidak serius dibahas," tandasnya.[jat]

Tags

 
x