Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 06:51 WIB

Caljah Ajukan Uji Materi UU Investasi Dana Haji

Oleh : Willi Nafie | Rabu, 9 Agustus 2017 | 14:16 WIB
Caljah Ajukan Uji Materi UU Investasi Dana Haji
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Muhammad Sholeh, seorang calon jamaah haji Indonesia mengajukan uji materi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Uji materi ini dilakukan pada pasal 24 huruf a, 46 ayat (2), 48 ayat (1). Pasalnya, dia tidak setuju dengan rencana bakal diinvestasikan dana haji oleh pemerintah melalui Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Dana haji yang berasal dari setoran calon jemaah haji adalah murni uang calon haji yang tidak boleh dipindahtangankan atau dimanfaatkan untuk kepentingan lain tanpa persetujuan pemiliknya," kata Sholeh di Gedung MK, Gambir, Jakarta Pusat,
Rabu (9/8/2017).

Sholeh kembali menegaskan, meskipun resiko investasi tergolong kecil, namun ia tak sepakat dana haji diinvestasikan dalam bentuk apapun oleh BPHK. Mengingat dana itu milik calon haji yang masuk daftar tunggu.

"Tidak boleh dipindahtangankan atau dimanfaatkan untuk kepentingan lain tanpa persetujuan pemiliknya," tandasnya.

Tujuh tahun terakhir, dana milik para calon jemaah haji telah diinvestasikan ke sejumlah proyek infrastruktur lewat surat utang syariah (sukuk) melalui Sukuk Dana Haji Indonesia (SDHI).

Dari catatan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan dana yang telah diinvestasikan di Suku Dana Haji Indonesia (SDHI) hingga 21 Juli 2017 senilai Rp36,70 triliun.[jat]

Tags

Komentar

 
x