Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 20:35 WIB

Penanggulangan Karhutla

Polri Kumpulkan Kapolda Se-Sumatera

Oleh : - | Rabu, 9 Agustus 2017 | 10:52 WIB
Polri Kumpulkan Kapolda Se-Sumatera
Kepala Baharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Pekanbaru - Tim Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Mabes Polri bertolak ke Provinsi Riau untuk memonitor, mengevaluasi dan melakukan asistensi sebagai langkah penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera.

Kepala Baharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno mengungkapkan, kegiatan ini merupakan langkah konkret aparat terhadap kesiapsiagaan pencegahan kebakaram hutan dan lahan di daerah tersebut.

Seluruh Kapolda di Sumatera pun dikumpulkan untuk ikut hadir dalam acara yang merupakan program prioritas Polri ini.

"Ini adalah program prioritas Kepala Polri nomor 7, yakni penanggulangan karhutla. Pemerintah telah memprioritaskan hal ini baik dari segi anggaran maupun penegakan hukum karena setiap tahun terjadi," jelas Putut di Pekanbaru, Rabu (9/8/2017).

Dalam acara ini turut hadir Asisten Operasi Polri Irjen Pol M. Iriawan, Kakorsabhara Polri Irjen Pol Umar Septono, Kakorpolairud Baharkam Irjen Pol Muhamad Chairul Noor Alamsyah dan sejumlah pati Polri lainnya.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain menyampaikan bahwa Riau merupakan pilot project di Sumatera, bahkan Indonesia.

"Ini adalah hasil kinerja sinergis dalam satuan tugas bencana kabut asap yang dipimpin Komandan Resor Militer 031/Wirabima. Selama mengatasi ini, karhutla menurun signifikan, sangat menurun tajam. Itu karena soliditas semua elemen dibawah payung gubernur, semua komponen all out. Bukan karena ancaman dicopot, tapi disadari efek kesengsaraan karena asap," paparnya.

Ia pun mengapresiasi penyediaan helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sehingga bisa menangkap tersangka pembakar lahan. [tar]

Komentar

 
x