Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 06:11 WIB

270 Siswa SMP di Sumut Terancam Putus Sekolah

Oleh : Fadhly Zikry | Selasa, 8 Agustus 2017 | 17:16 WIB
270 Siswa SMP di Sumut Terancam Putus Sekolah
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Sumut - Dewan Pendidikan Kota Tanjungbalai, Sumatea Utara (Sumut) mencatat, sebanyak 270 orang pelajar SMP di daerah itu terancam putus sekolah karena tidak masuk ke SMA negeri sederajat pada tahun pelajaran 2017/2018.

Ketua Dewan Pedidikan Kota Tanjungbalai H Arifin mengatakan, jumlah tersebut diketahui setelah pihaknya menabulasi hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD hingga SMA sederajat baru-baru ini.

"Hasil monitoring kami, untuk lulusan SMP ada 270 pelajar belum melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA sedejat," kata Arifin, Selasa (8/8/2017).

Menurut Arifin, hal itu dialami palajar SMP yang sekolahnya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sedangkan pelajar SMP yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pinsil (UNKP) diketahui lulus PPDB pada SMA pavorit di Tanjungbalai.

Ia mengatakan, dibandingkan SMP melaksanakan UNBK, nilai pelajar SMP yang menggelar UNKP lebih tinggi dan mereka berpeluang masuk ke SMA pavorit.

"Dengan demikian Dewan Pendidikan Kota Tanjungbalai mendesak Pemprov Sumatera Utara dan Pemkot Tanjungbalai agar kedepannya menerapkan UNBK di seluruh SMP," katanya.

Menurut Sekretaris Dewan Pendidikan Tanjungbalai Lian Rangkuti, 270 pelajar SMP tersebut saat ini diketahui belum melanjutkan pendidikan dengan alasan tidak mampu masuk ke SMA swasta karena tidak punya biaya.

Jika dibiarkan tanpa ada solusi, maka angka anak putus sekolah di Tanjungbalai akan meningkat dari tahun 2016, yaitu sebanyak 691 orang mulai tingkat SD hingga SMA.

"Untuk mencegah meningkatnya angka anak putus sekolah, khususnya jenjang SMP, Pemkot Tanjungbalai wajib mencarikan solusi terhadap masalah ini," tandasnya. [tar]

Tags

Komentar

 
x