Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 07:00 WIB

Istana Tunjuk Ketua MPR Bacakan Naskah Proklamasi

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 7 Agustus 2017 | 21:30 WIB
Istana Tunjuk Ketua MPR Bacakan Naskah Proklamasi
Mensesneg Pratikno - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Istana akhirnya angkat bicara soal kepastian apakah Ketua DPR Setya Novanto akan ditunjuk untuk membacakan teks Proklamasi atau tidak saat Upacara 17 Agustus 2017.

Adapun pembacaan teks proklamasi di pemerintahan, Presiden mengatur bagaimana, siapa yang membaca teks proklamasi dan membacakan Pembukaan UUD 1945.

Mensesneg Pratikno mengungkapkan, pihak yang akan membacakan teks proklamasi pada HUT RI ke-72 adalah Ketua MPR Zulkifli Hasan. Bahkan, Istana telah menyurati Zulkifli secara langsung agar berkenan membacakan naskah penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia ini.

"Seingat saya, kami mengirim surat kepada Ketua MPR. Iya, Ketua MPR yang membacakan," kata Pratikno di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Soal ramainya pemberitaan yang menyebut pembacaan naskah proklamasi pada upacara 17 Agustus tahun ini adalah Ketua DPR Setya Novanto, Mensesneg menampiknya.

Adapun soal penunjukkan Novanto untuk membacakan naskah proklamasi sempat ramai di muka publik karena secara etika dinilai tak layak lantaran statusnya yang saat ini merupakan tersangka kasus E-KTP.

Ia memastikan soal penunjukkan pembaca naskah proklamasi berdasarkan sistem gilir pimpinan Parlemen, merupakan tradisi dan tidak diatur secara baku dalam aturan negara.

"Ya, memang enggak ada aturannya. Memang gilirannya ketua MPR sekarang," tandasnya. [ton]

 
x