Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 15:05 WIB

Fahri Sarankan Victor Klarifikasi Pernyataannya

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 7 Agustus 2017 | 14:33 WIB
Fahri Sarankan Victor Klarifikasi Pernyataannya
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah meminta kepada Ketua Fraksi Partai NasDem DPR Victor Bungtilu Laiskodat untuk mengklarifikasi pidatonya yang diduga menuding beberapa partai sebagai pendukung kelompok radikal untuk dirikan negara khilafah.

"Kan sampai saat ini Pak Victor belum sampaikan tambahan keterangannya, selain video yang ditemukan di sosmed. Karena itu, kita belum tau klarifikasi sementara dari Pak Victor, karena tiap warga negara berhak klarifikasi," kata Fahri di Gedung DPR, Senin (7/8/2017).

Ia menjelaskan memang sekarang agak rumit untuk membedakan ruang publik dan privat karena sudah bercampur, misalnya orang bicara di gereja, masjid terkadang muncul ke ruang terbuka dan menjadi kontroversi tapi orang belum sempat klarifikasi.

"Kalau memang publik sudah buat laporan hukum atau etik, maka Pak Victor akan punya kesempatan untuk buat klarifikasi di MKD sebagai mahkamah etik," ujarnya.

Sementara, kata dia, kalau masuk ranah pidana tentu ada mekanismenya juga. Namun, Fahri mengusulkan proses klarifikasi pertama di mahkamah etik kemudian ditindaklanjuti di prose lainnya.

"Hal ini untuk hormati karena yang bersangkutan adalah anggota DPR, yang didalm UU diberikan hak-hak tertentu. Karena itu, klarifikasi di MKD selayaknya harus cepat dilakukan," jelas dia.

Menurut dia, kalau memang sudah ada masyarakat yang melaporkan Victor Laiskodat ke MKD maka harus dilakukan klarifikasi dulu. Sebab, tanggal 16 Agustus sudah dilakukan pidato kenegaraan kemudian tanggal 17 Agustus melakukan upacara.

"Mungkin tanggal 18 mulai dilakukan sidang, jadi dilakukan klarifikasi dahulu itu kalau sudah masuk laporannya ke MKD," tandasnya.

Untuk diketahui, beredar di media sosial orasi Ketua Fraksi Partai NasDem Victor Bungtilu Laiskodat yang mengatakan ada sebagian kelompok yang ingin membuat negara khilafah. Celakanya, partai-partai pendukungnya itu ada di NTT juga.

Yang dukung supaya kelompok ekstrimis ini tumbuh berkembang di NTT partai nomor satu Gerindra, kedua Demrokrat, PKS dan PAN. Situasi nasional partai ini mendukung kaum intoleran. [ton]

Komentar

 
x