Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 15:10 WIB

PDIP Lanjutkan Proses Hukum Arief Buat Pelajaran

Oleh : Ivan Setyadi | Sabtu, 5 Agustus 2017 | 21:01 WIB
PDIP Lanjutkan Proses Hukum Arief Buat Pelajaran
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PDI Perjuangan menegaskan akan terus meneruskan proses hukum terhadap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono yang menyatakan PDI Perjuangan mirip dengan PKI.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sebagai bentuk pelajaran bagi siapapun.

"Ini merupakan bagian dari pembelajaran, agar sekali lagi hati-hati di dalam berbicara sebagai politisi," katanya di Kuninga, Jakarta, Sabtu (5/8/2017).

Meskipun, Arief sudah menulis surat permintaan maaf yang ditujukan langsung ke Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri serta seluruh jajaran partai."Ya, kami sudah menerima pernyataan permintaan maaf itu, dalam tradisi budaya timur, maaf memaafkan adalah satu hal yang sangat baik ya, dan itu juga yang akan kami lakukan," ungkapnya.

Sebagai negara yang menjunjung tinggi aspek hukum, kata Hasto, langkah hukum adalah konsekuensi yang harus disikapi dalam bersikap di Indonesia. Ia mengatakan, pernyataan Arief Poyuono yang menyamakan PDI Perjuangan seperti PKI telah menyentuh aspek martabat dan kehormatan partai, serta marwah PDI Perjuangan.

Menurut Hasto, sejatinya seorang pemimpin atau politisi harus disiplin serta dilandasi oleh pemikiran yang baik sebelum berbicara di muka umum. Hal itu dinilai sangat penting, agar apa yang disampaikan di muka umum, masyarakat dapat menangkap pernyataan tersebut sebagai pernyataan yang membangun sebuah peradaban.

"Apalagi pernyataan itu dikemukakan oleh anggota partai politik. Apa pun yang dikatakan oleh politisi mempunyai konsekuensi-konsekuensi politik dan setiap pihak harus bertanggung jawab atas apa yang diucapkan," tandasnya.

Komentar

 
x