Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 06:50 WIB

Hanura Target Jadi Partai 4 Besar di Pemilu 2019

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Kamis, 3 Agustus 2017 | 22:33 WIB
Hanura Target Jadi Partai 4 Besar di Pemilu 2019
Sekretaris OC Rapimnas DPP Partai Hanura, Benny Rhamdani - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Kuta - Partai Hanura akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) besok Jumat 4-6 Agustus 2017 di The Stone Hotel Kuta, Badung, Bali.

Rapimnas Hanura kali ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada sejumlah agenda yang akan dibahas, salah satunya adalah Pemilu 2019.

Sekretaris OC Rapimnas DPP Partai Hanura, Benny Rhamdani mengatakan Rapimnas ini digelar untuk membahas beberapa hal yang dianggap penting dan mendesak.

"Di antaranya adalah peralihan kepemimpinan dari Wiranto ke Oesman Sapta Odang, agenda politik eksternal, pembangunan partai, serta strategi partai dalam menghadapi pilkada dan pemilu," kata Benny, Kamis (3/8/2017).

Benny mengungkapkan salah satu agenda penting yang akan dibahas dalam Rapimnas yakni agenda tinggi partai dalam dukungan politik Hanura kepada Joko Widodo pada Pemilu 2019. Selain itu, agenda mendesak lainnya yakni merumuskan strategi dan langkah jitu memenangkan Pemilu 2019.

"Partai Hanura menarget menjadi partai kelas atas pada Pemilu 2019. Kami mencanangkan target Partai Hanura pada Pemilu 2019 kami harus menembus partai 4 besar," ungkapnya.

Menurut Benny, target tersebut realistis mengingat Hanura memiliki modal politik yang cukup kuat yaitu dua tokoh besar yakni Wiranto dan Oesman Sapta Odang dianggap mampu mengkatrol perolehan suara Hanura di pemilu mendatang.

"Target kami 56 kursi. Untuk empat besar lebih dari itu. Strategi ini akan dirumuskan di Rapimnas. Kami tidak bisa membocorkan semua. Yang pasti ada 40 DPD RI bergabung dan akan mencalonkan diri dari Hanura. Asas popularitas dan elektabilitas yang kami dorong," terangnya.

Benny mengaku Hanura telah memiliki hitung-hitungan politik untuk mencapai target tersebut. Di sisi lain, Ketua PC Ibas N Zubir mengaku optimistis target tersebut terealisasi. Dari pemilu ke pemilu, perolehan suara Partai Hanura terus menunjukkan tren peningkatan.

"Kalau pada Pemilu 2009 suara kami hampir 3,8 persen dan di Pemilu 2014 sudah 6 persen. Kami punya tren (peningkatan). Kalau dibaca dari 2009, saya sudah memetakan, ternyata 14 kursi ada di dapil yang sama. Hampir bisa naik dua kali lipat. Hanura di Bali punya 31 kursi," jelasnya.

Sementara itu, Ketua SC Jafar Badjeber menyebut target itu akan direalisasikan secara serius oleh partainya. Baginya, Rapimnas kali ini adalah sesuatu yang lain dari yang lain. Berbagai rumusan Rapimnas dalam perspektif luas akan dilakukan, termasuk membahas pemilu legislatif.

"Ini taruhan bagi kami. Kami ingin masuk ke empat besar. Jadi serius bukan hanya target. Kami bisa lolos verifiikasi faktual oleh KPU. Partai lama tidak perlu diverifikasi, tapi konon, ada anggota masyarakat yang menggugat pasal itu," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x