Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 01:54 WIB

Pelindo III Siapkan Rp1,2 T untuk Pelabuhan Benoa

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Kamis, 3 Agustus 2017 | 23:10 WIB
Pelindo III Siapkan Rp1,2 T untuk Pelabuhan Benoa
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Denpasar - Rencana pengembangan Pelabuhan Benoa di Denpasar, Bali, terus bergulir. Bahkan, tak tangung-tanggung sebesar Rp 1,2 triliun telah disiapkan pihak Pelindo III untuk pengembangan Pelabuhan Benoa Denpasar.

"Informasi terkait jumlah dana untuk pengembangan Pelabuhan Benoa sebesar Rp 1,2 triliun itu merupakan data valid yang saya dapat dari pihak Pelindo III, sebagai pihak yang akan melakukan pengembangan Pelabuhan Benoa," kata Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, Made Muliawan Arya atau De Gadjah, kepada wartawan di Denpasar, Kamis (3/8/2017).

Informasi yang berhasil dihimpun, pengembangan Pelabuhan Benoa Denpasar ini akan mencakup pengembangan untuk zona marina, zona kapal ikan, zona gas dan curah cair, serta zona kapal cruise. Sementara, total lahan yang akan digunakan seluas 39,45 atau mendekati 40 hektar.

De Gajah mengungkapkan rencana perluasan atau pengembangan Pelabuhan Benoa oleh pihak Pelindo III justru akan berpotensi mengangkat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Denpasar.

"Jika itu terwujud perluasan Pelabuhan Benoa, kita (Pemkot Denpasar) akan diberi saham 40 persen oleh Pelindo," ungkap De Gajah.

Menurut De Gajah, dari 144 hektar masterplan keseluruhannya yang akan dibangun hanya sekitar 40 hektar, mencakup perluasan pelabuhan, listrik, pasokan dan retail gas, pengolahan air bersih, properti, hotel, dan pembangunan dermaga cruise atau kapal pesiar.

"Dari semua pembangunan itu, kita (Pemkot Denpasar) akan mendapat saham 40 persen dari Pelindo. Ini berpotensi mengangkat PAD Denpasar, sehingga nanti kita bisa menyaingi PAD Kabupaten Badung. Saham 40 persen itu nilainya besar untuk menambah PAD Pemkot Denpasar," tandas politisi Partai Gerindra ini mengakhiri. [ton]

Komentar

 
x