Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 07:11 WIB

Korupsi e-KTP

Kakak Andi Narogong Diperiksa KPK Kasus e-KTP

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 1 Agustus 2017 | 10:26 WIB
Kakak Andi Narogong Diperiksa KPK Kasus e-KTP
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Dedi Prijono terkait penyidikan perkara dugaan korupsi pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan kakak Andi Agustinus alias Andi Narogong itu akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Ketua DPR Setya Novanto.

"Dia akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka SN," kata Febri saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Dalam penyidikan kasus ini, sebelumnya KPK juga sudah memeriksa Andi Narogong, adiknya Vidi Gunawan hingga keponakan Setya Novanto, yakni Irvanto Hendra Pambudi.

Dedi Prijono maupun Vidi Gunawan diketahui sudah beberapa kali bolak-balik diperiksa baik untuk sang kakak, Andi Narogong di kasus korupsi e-KTP maupun kasus memberikan keterangan palsu dalam sidang korupsi e-KTP dengan tersangka Miryam S Haryani.

Dalam sidang dua terdakwa e-KTP, Irman dan Sugiharto, diketahui Andi Narogong mengutus Dedi dan Vidi dalam kongkalikong proyek e-KTP dengan Kementerian Dalam Negeri, para pengusaha hingga tim teknis dari Badan pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Dedi dan Vidi kerap hadir bersama pengusaha konsorsium proyek e-KTP, pihak Kementerian Dalam Negeri dan tim teknis dalam pertemuan di Ruko Fatmawati milik Andi Narogong untuk mempersiapkan desain proyek e-KTP.

Pertemuan tersebut mengatur soal pembentukan tiga konsorsium untuk merekayasa lelang e-KTP, yakni konsorsium PNRI, Astagraphia, dan Murakabi.[ris]

 
x