Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 19:52 WIB

Kasus Korupsi e-KTP

Golkar Banyak Stok Gantikan Novanto Jika Ditahan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 31 Juli 2017 | 03:12 WIB
Golkar Banyak Stok Gantikan Novanto Jika Ditahan
Setya Novanto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran, Idil Akbar menilai Partai Golkar tidak sulit mencari kader untuk menggantikan Setya Novanto sebagai ketua umum apabila yang bersangkutan ditahan KPK. Sebab, Novanto sudah dijadikan tersangka kasus korupsi e-KTP.

"Saya kira Golkar punya stok kader mumpuni yang cukup banyak sehingga tidak sulit bagi pengurus, kader atau simpatisan partai memilih siapa yang pantas menggantikan Setnov," kata Idil kepada INILAHCOM, Minggu (30/7/2017).

Menurut dia, partai berlambang pohon beringin itu memiliki pengalaman yang cukup banyak bahkan terus menjadi partai besar dengan perolehan suara yang cukup besar di setiap pemilu.

"Tentu akan banyak diantara kader yang ingin memimpin partai ini, hanya memang perlu pemimpin yang relatif lebih bersih. Saya kira untuk memimpin Golkar ke depan, memiliki integritas dan memiliki komitmen kuat," ujarnya.

Untuk diketahui, Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan penetapan status Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Karena, Novanto diduga menguntungkan diri sendiri ketika menjadi anggota DPR Periode 2009-2014. Novanto disangkakan dengan Pasal 2 dan Pasal 3 ayat (1) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Novanto melalui pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong diduga mengkondisikan pemenang pengadaan barang dan jasa e-KTP. Novanto sebagai tersangka keempat dalam kasus korupsi yang merugikan uang negara senilai Rp2,3 triliun.[ris]

 
x