Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 23:38 WIB

Ini Cara Pemda Banyuwangi Tekan Kecelakaan Pelajar

Oleh : Happy Karundeng | Sabtu, 29 Juli 2017 | 18:45 WIB
Ini Cara Pemda Banyuwangi Tekan Kecelakaan Pelajar
Angkutan gratis untuk pelajar di Banyuwangi - (Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya sangat peduli dengan angka kecelakaan pelajar yang kebanyakan didominasi karena mengendarai kendaraan bermotor.

Untuk itu pihak Pemda setempat memberikan fasilitas angkutan transportasi gratis bagi para pelajar. Setidaknya, itu dapat mempermudah bagi pelajar saat berangkat dan pulang sekolah.

"Otomatis ini juga bisa mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas," ujar saat meluncurkan fasilitas tersebut di Terminal Brawijaya, Sabtu (29/7/2017).

Ia menjelaskan, angkutan pelajar ini tidak dibatasi untuk kalangan pelajar tertentu. Semua pelajar mulai TK bahkan yang sudah kuliah boleh memanfaatkannya.

"Sekarang kita masih trial and error. Pasti nanti ada masukan-masukan dari masyarakat untuk penyempurnaan. Setelah oke nanti kami mengundang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk berkenan meluncurkan," kata Anas.

Menurutnya, fasilitas ini juga bisa membantu orang tua mengurangi pengeluaran untuk transportasi anaknya ke sekolah.

"Jadi bisa lebih hemat, karena tinggal naik dan gratis. Juga lebih aman, orang tua tidak perlu was-was saat anaknya berangkat dan pulang sekolah," kata dia.

Manfaat lain angkutan gratis ini adalah para pelajar bisa memanfaatkan waktu saat berangkat dan pulang sekolah dengan membaca buku di angkutan gratis tersebut.

"Kan lumayan misalnya perjalanan 30 menit, di dalam angkutan bisa membaca. Bisa juga berinteraksi dengan teman yang dari sekolah lain. Jadi manfaat tambah ilmu dan bisa guyub sesama pelajar," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kusiyadi kenambahkan, untuk angkutan pelajar, ada 32 armada yang akan beroperasi setiap hari efektif dengan 10 trayek berbeda. Penggunan jasa ini juga dapat membedakan angkutan ini dari stiker 'Angkutan Pelajar Gratis' di bagian depan mobil.

"Kami memberdayakan angkutan umum yang memang melalui rute ke sekolah-sekolah. Angkutan pelajar melayani antar-jemput siswa ke sekolah. Pagi hari, beroperasi mulai pukul 06.00 WIB. Sedangkan siangnya pukul 12.30 WIB atau berdasarkan situasi," jelasnya. [beritajatim]

 
x