Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 03:07 WIB

Pertemuan SBY-Prabowo tak Bahas Pilgub Jatim

Oleh : Happy Karundeng | Sabtu, 29 Juli 2017 | 19:09 WIB
Pertemuan SBY-Prabowo tak Bahas Pilgub Jatim
Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)
facebook twitter

INILAHCOM, Surabaya - Sekjen DPD Partai Demokrat Jawa Timur Hinca Panjaitan menegaskan pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak membahas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018.

"Tidak ada bahasan Pilkada Jatim, begitu juga Pilkada-Pilkada provinsi yang lain," katanya di kantor DPD Partai Demokrat Jatim di Surabaya, Sabtu (29/7/2017).

Menurut dia, pertemuan SBY-Prabowo yang didampingi sejumlah pengurus inti kedua partai membahas persoalan kebangsaan dan isu nasional yang terjadi saat ini.

"Kalau Pilkada nanti ada waktunya. Lagipula sekarang ini komunikasi tidak formal selalu dijalankan, terutama membicarakan Pilkada serentak tahun depan," bebernya.

Kendati demikian, pihaknya tak menutup kemungkinan melakukan koalisi menjelang Pilkada di beberapa provinsi dan kabupaten/kota, termasuk di Jatim, untuk mengusung pasangan calon tertentu.

"Pilkada itu menarik karena partai politik yang sama bisa mendukung atau mengusung kandidat yang berbeda di daerah satu dengan yang lain. Artinya, di satu pilkada berkoalisi, namun di daerah lain berkompetisi, dan itu wajar," katanya.

Sementara itu, di internal Demokrat Jatim sampai saat ini telah menerima lima kandidat yang mendaftar, yaitu Saifullah Yusuf, Nurhayati Ali Assegaf, Nurwiyatno, La Nyalla Mattalitti dan Kombes Pol Syafi'in.

Proses pengambilan dan pengembalian formulir di partai berlambang segitiga mercy tersebut dimulai 12 Juli dan berakhir pada 31 Juli 2017.

Seluruh nama yang mendaftar akan diverifikasi dan diserahkan ke dewan pimpinan pusat, kemudian dibahas di majelis tinggi untuk selanjutnya mendapat rekomendasi. [tar]

 
x