Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 19:51 WIB

Parade Kebhinnekan TMP-PWI Bumikan Nilai Pancasila

Oleh : Ajat M Fajar | Sabtu, 22 Juli 2017 | 14:09 WIB
Parade Kebhinnekan TMP-PWI Bumikan Nilai Pancasila
Ketua Umum TMP, Maruarar Sirait - (Foto: inilahcom/Dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tokoh lintas agama dan berbegai elemen dari ormas Islam yang ada Majalengka akan berkumpul bersama 20 ribu massa lainnya dalam acara parade kebinekaan di alun-alun Kabupaten Majalengka, Minggu pagi (23/7).

Selain itu, parade yang dimulai dengan jalan kaki sepanjang 2 km dari Jalan Ahmad Yani dan Jalan Abdul Halim ini juga akan dihadiri para pimpinan OKP dan organisasi kemahasiswaan yang ada di Majalengka. Misalnya saja ada GP Ansor, Banser, FKPPI, Pemuda Pancasila, HMI, IMM, PMII, GMNI, GMKI dan lain-lain. Juga akan mengudang sayap pemuda semua partai.

Acara ini diselanggarakan atas kerja sama antara Taruna Merah Putih (TMP) dan Persatuan Wartawan Indonesia (Majalengka).

Menurut Ketua Umum TMP, Maruarar Sirait, kegiatan ini untuk mengingatkan kembali ideologi Pancasila di masyarakat, semangat persatuan, semangat kebersamaan, berprikemanusiaan, berkeadilan, dan manjadi manusia yang beradab, berjiwa sosial serta berjiwa penolong.

"Sila-sila Pancasila itu harus diterapkan pada diri setiap orang. Kita kembali membumikan nilai-nilai Pancasila di Indonesia," kata Maruarar Sirait.

Selama ini, TMP sudah banyak melakukan kegiataan parade budaya dan kebhinekaan di berbagai kota, diantaranya Jakarta, Kota Bandung, Semarang, Cimahi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Subang, Karawang.

"Kita ingin menunjukkan bahwa Pancasila itu didukung oleh mayoritas rakyat Indonesia. Dan kita sangat mendukung pemerintahan Jokowi untuk menindak-tegas ormas yang bertentangan atau menentang Pancasila," ungkap Maruarar.

Maruarar yakin rakyat Indonesia akan selalu mendukung langkah-langkah pemerintahan Jokowi yang memang demi melindungi dan menjaga Indonesia.

Terlebih lagi rakyat juga sangat percaya dengan pemerintahan ini yang terus bekerja keras membangun Indonesia, seperti melalui pembangunan infrastruktur. Dari berbagai survei terkahir dari banyak lembaga survei juga menunjukkan bahwa mayoritas rakyat sangat puas dengan pemerintahan Jokowi.

"Kita mendukung Presiden Jokowi dalam melakukan program-program jaminan sosial. Misalnya, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar. Program ini jelas dalam rangka muwujudkan sila kelima Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tegas Maruarar.

Menurut Ketua Panitia yang juga anggota PWI, Tati Purwanti, dalam parade ini, akan digelar ragam kuliner ala Majalengka. Juga akan digelar parade baju adat, serta parade baju tokoh agama. Di lapangan akan dilepas sekitar 1.500 balon berwarna merah-putih sebagai lambang persatuan. Parade ini juga akan dihadiri Bupati Majalengka Sutrisno, Karna Sobahi, serta sejumlah anggota DPRD Majalengka.

"Mari kita rayakan, nikmati dan saling menghargai perbedaan. Dengan cara itu, Indonesia akan maju," ungkap Tanti.

Tanti berharap masyarakat terus mengamalkan nilai-nilai luhur yang tekandung dalam Pancasila. Misalnya saja gotong royong dan persatuan. Dan Indonesia terdiri dari ragam suku, agama dan ras sehingga nilai-nilai persatuan dan gotong royong harus selalu hadir dalam setiap nadi kehidupan.

"Saat ini, pengalaman nilai-nilai Pancasila semakin berkurang. Bahkan di saat yang sama ada kecenderuangan radikalisme meningkat, sementara ujaran kebencian kian merajalela di medsos. Karena itu parade ini mengingatkan kita, khususnya Majalengka yang juga di kota ini ada berbagai warga dari ragam suku dan agama, untuk bersatu dan saling menghargai dalam bingkai nilai-nilai Pancasila," ungkap Tati, yang merupakan anggota PWI Majalengka.[jat]

Tags

 
x