Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 10:49 WIB

Berkas Lengkap, Andi Narogong Segera Disidang

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 21 Juli 2017 | 21:11 WIB
Berkas Lengkap, Andi Narogong Segera Disidang
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Berkas penyidikan perkara dugaan korupsi pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) untuk tersangka pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong sudang rampung alias P21 tahap II.
"Penyidik melimpahkan berkas penyidikan, barang bukti dan tersangka atas nama AA ke tahap penuntutan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/7/2017).
Dengan demikian, tidak lama lagi dia akan menjalani sidang dakwaan atas kasus yang tengaj dituduhkan oleh KPK. Sebab, sesuai dengan Undang-undang, jaksa KPK punya waktu selama 14 kerja untuk menyusun surat dakwaan dan kemudian dilimpahkan ke pengadilan.
Andi dijadikan tersangka karena diduga pernah melakukan sejumlah pertemuan dengan pejabat Kementerian Dalam Negeri, anggota DPR, dan pengusaha untuk membahas anggaran proyek e-KTP senilai Rp5,9 triliun.
Andi diduga membagikan uang kepada pejabat Kemendagri dan anggota DPR, guna memuluskan anggaran dan menjadi pelaksana proyek e-KTP.
Proyek pengadaan e-KTP dimenangkan konsorsium Perusahaan Umum Percetakan Negara Republik Indonesia (Perum PNRI). Konsorsium itu terdiri atas Perum PNRI, PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo persero), PT LEN Industri (persero), PT Quadra Solution, dan PT Sandipala Arthaputra.
Andi diduga bersama-sama pejabat Kementerian Dalam Negeri mengatur agar proyek e-KTP dimenangkan oleh Konsorsium PNRI. Andi Narogong ditangkap petugas KPK pada Kamis (23/3/2017), di kawasan Jakarta Selatan setelah ditetapkan jadi tersangka. [ton]

Komentar

 
x