Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 02:03 WIB

Tak Setuju Perppu Ormas, Tinggal Gugat ke MK

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 18 Juli 2017 | 23:59 WIB
Tak Setuju Perppu Ormas, Tinggal Gugat ke MK
Anggota Komisi X DPR RI, Dadang Rusdiana - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI, Dadang Rusdiana, menolak anggapan terbitnya Perppu Ormas berpotensi menjadikan pemerintah berperilaku otoriter.

"Masyarakat yang keberatan dengan Perppu Ormas, dapat mengajukan 'judicial review' ke Mahkamah Konstitusi," katanya, di kompleks dewan, Selasa (18/7/2017)..

Menurut Dadang, dalam era demokrasi saat ini mengakomodasi perbedaan pandangam dalam masyarakat yang diatur dalam aturan perundangan. Kalau ada kelompok masyarakat yang berbeda pandangan terhadap Perppu Ormas dan menilai bertentangan dengan konstitusi, dapat mengajukan gugatan ke MK.

"Perppu Ormas posisinya masih diusulkan Pemerintah ke DPR. Di DPR RI masih ada dua kemungkinan, diterima atau ditolak," katanya.

Menurut Dadang, DPR RI akan membahas Perppu Ormas pada masa persidangan berikutnya, dan masyarakat dapat memberikan masukan kepada fraksi-fraksi di DPR RI.

Fraksi Hanura, kata dia, sikapnya akan menerima Perppu Ormas tersebut dengan pertimbangan untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Komentar

 
x