Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 01:47 WIB

Cegah Bully, Mendikbud Perketat Penerimaan Siswa

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 18 Juli 2017 | 14:45 WIB
Cegah Bully, Mendikbud Perketat Penerimaan Siswa
Mendikbud Muhadjir Effendy - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mendikbud Muhadjir Effendy mengimbau pimpinan lembaga pendidikan dan pengajar memperketat penerimaan peserta didik guna mencegah kasus penindasan yang belakangan marak terjadi di lingkungan sekolah.

Menurutnya, saat tahun ajaran baru, banyak senior di sekolah yang ingin menunjukkan eksistensi mereka kepada juniornya.

"Biasanya para senior itu memang sangat bergairah untuk cari perhatian juniornya. Sering juga sangat bergairah untuk menunjukkan dominasinya," kata Muhadjir di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2017).

Ia menuturkan, saat para senior di sekolah itu ingin menunjukkan dominasi mereka terhadap juniornya itulah yang menyebabkan terjadinya aksi penindasan.

"Musim saatnya senior untuk menunjukkan, 'ini lho saya senior' ditunjukkan pada juniornya. Kadang-kadang over acting, kadang-kadang melampaui batas kewajaran," tuturnya.

Sementara itu, saat disinggung kemungkinan Mendikbud akan menghapus Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang kerap menjadi media penindasan junior oleh senior, ia belum memikirkannya saat ini.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu akan mencermati lebih jauh dan mengevaluasi manfaat kegiatan MOS di sekolah.

"Itu akan kami pelajari lagi lebih cermat. Sebetulnya ini peraturan yang baru sudah kita atur yang lebih luwes. Tapi satu kasus tidak bisa dijadikan dasar untuk yang sifatnya general gitu ya," pungkasnya.

Komentar

 
Embed Widget

x