Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 Juli 2017 | 01:42 WIB

BNPT: WNI Gabung ISIS Didominasi Wanita dan Anak

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 17 Juli 2017 | 23:29 WIB
BNPT: WNI Gabung ISIS Didominasi Wanita dan Anak
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius membenarkan posisi Indonesia yang menempati posisi kedua setelah Rusia dalam peringkat militan asing yang ditangkap di Turki.

Namun ia meluruskan, WNI yang banyak tertangkap di Turki bukanlah pejuang militan melainkan didominasi wanita dan anak-anak yang menjadi korban kebohongan ISIS.

"Tolong teman-teman ingat, peringkat kita terbanyak setelah Rusia. Akan tetapi, perlu diingat dari Rusia itu fighter (pejuang militan) semua. Kalau dari Indonesia itu ada anak-anak dan perempuan," jelas Suhardi di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Adapun hingga saat ini, ia mengaku mendapatkan data ada 400 orang WNI yang bergabung dengan ISIS dan menuju Suriah melalui jalur Turki.

Menurut datanya, hanya 400 orang yang berangkat untuk bergabung dengan ISIS melalui Turki. Namun, mereka gagal dan dideportasi oleh otoritas Turki.

Adapun data tersebut diketahuinya saat melakukan kunjungan ke Turki bersama Presiden Jokowi pekan lalu. Melalui data itulah diketahui ratusan WNI itu dideportasi dan didominasi wanita serta anak-anak.

"Dari mereka sudah ada yang kembali (ke Indonesia) dan mengikuti program deradikalisasi," tandasnya.[jat]

 
x