Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 04:28 WIB

KPK Tindaklanjuti Hasil Audit Pelindo

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 17 Juli 2017 | 18:20 WIB
KPK Tindaklanjuti Hasil Audit Pelindo
Ketua KPK Agus Rahardjo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti hasil audit BPK RI terkait kontrak pengelolaan pelabuhan PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dengan Hutchison Port Holding yang diserahkan oleh Pansus Angket Pelindo II.

Dalam hasil audit, kontrak tersebut diduga ada kerugian negara Rp 4,08 triliun. KPK akan membentuk tim gabungan dengan BPK dan PPATK.

"Segera kami tindaklanjuti dan kami sampaikan kami akan bentuk tim gabungan. Terdiri dari KPK, BPK dan minta bantuan PPATK," kata Ketua KPK Agus Rahardjo usai bertemu Pansus Pelindo II di Gedung KPK, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Tujuan dibentuknya tim itu agar KPK, BPK, dan Pansus Pelindo, dapat berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik mengenai perkembangannya.

"Mudah-mudahan dengan cara begitu kita bisa saling mengontrol dan memonitor perjalanan dari kasus ini ke depan, supaya lebih cepat," kata dia.

Agus dalam kesempatan ini mengatakan pihaknya mendapatkan banyak data baru terkait dugaan penyimpangan dalam kontrak itu serta kasus lainnya yakni pembangunan kawasan Koja, Jakarta Utara, Proyek Kalibaru dan Global Bon senilia Rp20,8 triliun, yang diserahkan Pansus Pelindo II.

Sekadar diketahui, saat penandatanganan kontrak antara PT Pelindo II dengan Hutchison Port Holding itu dilakukan, RJ Lino menjabat Direktur Utama PT Pelindo. Lino sendiri sudah dijadikan tersangka oleh KPK terkait kasus korupsi pengadaan QCC di Pelindo II. [rok]

Tags

 
x