Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 14:55 WIB

Datangi KPK, Pansus Pelindo Serahkan Hasil Audit

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 17 Juli 2017 | 15:21 WIB
Datangi KPK, Pansus Pelindo Serahkan Hasil Audit
Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR Angket Pelindo II, Rieke Diah Pitaloka - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR Angket Pelindo II, Rieke Diah Pitaloka mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepada wartawan Rieke yang datang bersama anggota pansus Pelindo lainnya yakni Darmadi Durianto dan Daniel Djohan, mengatakan, kedatangannya untuk menyerahkan hasil investigatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kerja sama pengelolaan dan pengoperasian pelabuhan PT Jakarta International Container Terminal (JICT).

"Kami perwakilan dari Pansus Angket DPR RI untuk Pelindo II akan memberikan laporan audit investigatif BPK," kata Rieke di Gedung KPK, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Adapun hasil audit itu, kata dia, berkaitan dengan perpanjangan kontrak JICT dan Koja, Jakarta Utara, Proyek Kalibaru dan Global Bon senilia Rp20,8 triliun.

Menurut dia, yang diserahkan kepada KPK ini merupakan audit investigatif tahap pertama.

Politikus PDIP itu mengungkapkan, dalam audit investigatif terkait perpanjangan kontrak JICT yang dilakukan PT Pelindo II dengan Hutchison Port Holding itu terjadi berbagai indikasi pelanggaran hukum, dengan potensi kerugian negara sebesar Rp4,08 triliun.

"Kami hari ini akan menyampaikan hasil auditnya ke KPK agar kemudian dilanjutkan proses hukumnya," kata dia.

Menurut Rieke, pihaknya bakal langsung menemui pimpinan KPK untuk menyampaikan audit investigatif dari BPK.

Lebih lanjut, Rieke menyampaikan, pihaknya juga bakal mempertanyakan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan tiga unit Quay Container Crain (QCC) di Pelindo II, yang telah menjerat RJ Lino. Rieke menyebut, pihaknya ingin mengetahui kelanjutan kasus RJ Lino tersebut.

"Ya itu juga termasuk yang akan kami tanyakan. Karena sudah jadi tersangka, tersangka terus gitu yah. Apakah mau seterusnya aja jadi tersangka gitu yah. Nanti kita juga akan komunikasikan itu kepada KPK," ujar dia.[jat]

Tags

Komentar

 
x