Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 08:59 WIB

Pejabat Bakamla Eko Divonis 4 Tahun Penjara

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 17 Juli 2017 | 13:00 WIB
Pejabat Bakamla Eko Divonis 4 Tahun Penjara
Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Badan Keamanan Laut (Bakamla) Eko Susilo Hadi
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Badan Keamanan Laut (Bakamla) Eko Susilo Hadi diganjar dengan hukuman pidana selama 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan dalam kasus suap proyek pengadaan Satelit Monitoring di lembaga tersebut.

Dalam membacakan putusan Ketua Majelis Hakim Yohanes Priyana mengatakan, Eko dinilai bersalah dan meyakinkan menerima uang suap senilai USD 10 ribu, 10 ribu Euro, SGD 100 ribu dan USD 78.500. Pemberian uang itu dilakukan agar Eko selaku Kuasa Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satuan Kerja Bakamla Tahun Anggaran 2016 dapat memenangkan PT Melati Technofo Indonesia (MTI) milik Fahmi Darmawansyah dalam royek tersebut.

"Terdakwa menerima hadiah dari PT MTI karena PT MTI telah dimenangkan dalam pengadaan monitoring satelit di Bakamla," kata Hakim Yohanes saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Sebelum membacakan putusannya, Majelis Hakim juga mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Untuk yang memberatkan, perbuatan Eko dinilai tidak mendukug upaya pemrrintah yang tengah giat-giatnya memberantas tindak pidana korupsi. Kemudian perbuatan Eko Susilo juga dinilai bertentangan dengan cita-cita reformasi yang menghapus KKN.

"Sedangkan yang meringankan berterus terang, mengakui perbuatan, dan punya tanggungan keluarga," ujar hakim.

Eko sendiri menerima putusan hakim. "Pendirian saya sendiri, saya meneirma putusan yang baru saja dibacakan," kata Eko dihadapan hakim.

Putusan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa KPK. Dimana jaksa KPK menuntut Eko dengan hukuman pidana selama lima tahun penjara dan Denda Rp 250 juta Subsider 3 bulan kurungan. [fad]

 
x