Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 11:03 WIB

Lawan Perppu Ormas, HTI Lapor Komnas HAM dan MK

Oleh : Willie Nafie | Senin, 17 Juli 2017 | 10:04 WIB
Lawan Perppu Ormas, HTI Lapor Komnas HAM dan MK
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) berupaya melakukan perlawanan terhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas).

Salah satunya, hari ini, HTI berencana akan mendatangi Komnas HAM untuk melaporkan dugaan pelanggaran HAM tentang Perppu Ormas dan ke MK untuk melakukan judicial review.

"Hari ini agendanya ada dua. Pertama ke Komnas HAM, dari sana baru kita akan ke MK," kata anggota DPP HTI Irwan Syaifulloh, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (17/7/2017).

Selain mengadukan ke Komnas HAM atas adanya dugaan pelanggaran HAM dalam penerbitan Perppu. HTI pun bakal mengadukan adanya tindakan sewenang-wenang aparat dalam melarang acara dan kegiatan HTI.

"Kami akan mengadukan ke Komnas HAM," ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. HTI diduga sebagai salah satu ormas yang anti terhadap Pancasila. Sehingga pemerintah ingin membekukan ormas tersebut. [fad]

 
x