Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 03:09 WIB

Penerbitan Perppu Ormas

Perppu Ormas Justru Kemunduran Bernegara

Oleh : Ivan Setyadi | Senin, 17 Juli 2017 | 06:51 WIB
Perppu Ormas Justru Kemunduran Bernegara
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah akhirnya mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan atas UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Regulasi baru ini memungkinkan pemerintah membubarkan ormas anti-Pancasila tanpa melalui proses pengadilan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menilai jika keputusan ini dijalankan, bakal menjadi tanda kemunduran demokrasi.

"Jangan sampai Pemerintah justru bertindak represif seperti era orde baru, karena justru laku seperti itu berpotensi abuse Of power dan pasti mengancam demokrasi Pancasila yang sudah kita tata 20 tahun belakangan ini," katanya kepada INILAHCOM, Minggu (16/7/2017).

Muhammadiyah, kata Dahnil, siap membantu pemerintah menjaga keutuhan NKRI dari ancaman ormas anti-Pancasila. Asalkan tidak dengan tindakan represif seperti pembubaran.

"Langkah soft approach bisa dilakukan oleh Pemerintah dibantu oleh organisasi memasyarakat seperti Muhammadiyah, Persis, Al-Irsyad, HKBP, Nomensen, Walubi, PGI dan organisasi kemasyarakatan lainnya melalui intensifitas dialog, pembinaan secara berkelanjutan," ungkapnya.

Sebab menurutnya, membubarkan sebuah ormas bukanlah akhir dari ancaman. Justru potensi negatif yang ditimbulkan dari dibubarkannya ormas bisa lebih berbahaya.

"Bagi saya upaya Hard approach dengan pembubaran tidak akan pernah mematikan ideologi, bahkan jangan-jangan bisa menjadi lebih kuat, karena mereka merasa didzhalimi sehingga melakukan konsolidasi lebih rapi dengan merubah nama," tandasnya.

Komentar

 
x