Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 23:47 WIB

Jalan Gelap jadi Pemicu Aksi Kriminal di Sampit

Oleh : - | Minggu, 16 Juli 2017 | 20:19 WIB
Jalan Gelap jadi Pemicu Aksi Kriminal di Sampit
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Sampit - Penerangan beberapa ruas jalan di Sampit tidak berfungsi. Akibatnya jalanan gelap dan menjadi pemicu tindakan kriminal di kota tersebut. Hal ini merugikan pengguna jalan.

"Penerangan jalan umum di Sampit, Kotim , yang sering mati sehingga jalan menjadi gelap memicu terjadinya tindak kriminal," kata Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rudianur, Minggu (16/7/2017).

Hal itu diketahuinya setelah beberapa kali rkeliling kota Sampit pada malam hari. Dia memantau penerangan jalan umum, khususnya di jalan-jalan besar yang ada di kota itu.

Menurutnya, ada beberapa lokasi di Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang yang gelap karena jarak antarlampu penerangan umum, cukup jauh.

Selain itu, ada pula jalanan yang gelap lantaran banyak lampu penerangan umum yang sudah ada namun sering padam, di antaranya di Jalan Muchran Ali.

Selama ini, sudah beberapa kali terjadi penjambretan terhadap pengguna jalan di Sampit pada malam hari. Ruas jalan yang dianggap rawan di antaranya Jalan Tjilik Riwut sekitar Stadion 29 November Sampit, Jalan Samekto, Hasan Mansur, Kenan Sandan, Jenderal Sudirman dan Kapten Mulyono.

"Jangan sampai karena kurangnya penerangan jalan, ada warga kita yang menjadi korban kejahatan. Penerangan jalan umum ini penting mencegah tindak pidana, juga untuk menekan angka kecelakaan. Kalau jalan gelap, juga rawan kecelakaan, misalnya ada orang menyeberang atau tabrakan dengan kendaraan lain," kata Rudianur. [ind]

 
x