Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 11:03 WIB

Zulkifli: Perppu Ormas Harus Dikaji

Oleh : - | Minggu, 16 Juli 2017 | 19:06 WIB
Zulkifli: Perppu Ormas Harus Dikaji
Ketua MPR Zulkifli Hasan - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan harus dikaji.

Menurut dia, ada poin yang kurang tepat di Perppu itu sendiri. yakni, hukuman pidana selama 20 tahun penjara bagi orang atau pengurus ormas yang bertujuan mengganti atau mengubah Undang-Undang Dasar 1945, sebagaimana disebutkan dalam Pasal 59 ayat (4).

Dengan demikian dia meminta Perppu yang diteken oleh Presiden Joko Widodo dikaji ulang karena bertentangan dengan konstitusi

"Itu mangkanya (harus) dikaji. Kami lihat dulu kami kaji, bisa dilanjut atau tidak," kata Zulkifli di Jakarta, Minggu (16/7/2017).

Kemudian, dia juga meminta pemerintah melibatkan banyak pihak dalam perumusan kebijakan, termasuk semacam pembuatan perppu. "Makanya sosialisasi dan komunikasikan, duduk bersama untuk membahas," ujarnya.

Adapun hukuam 20 tahun penjara disebutkan Pasal 59 Ayat (4) huruf c bahwa ormas dilarang menganut, mengembangkan, serta menyebarkan ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila. Diantaranya ajaran ateisme, komunisme/Marxisme-Leninisme atau paham lain yang bertujuan mengganti atau mengubah Pancasila dan UUD 45.

Kemudian, dalam bab Ketentuan Pidana pada Pasal 82A ayat (2), Setiap orang yang menjadi anggota dan/atau pengurus ormas yang dengan sengaja dan secara langsung atau tidak langsung melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 59.

Ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun.[ind]

 
Embed Widget

x