Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 Juli 2017 | 15:51 WIB

Jokowi Tegaskan Tak Akan Blokir Aplikasi Lain

Oleh : Raiy Muhammad | Minggu, 16 Juli 2017 | 13:00 WIB
Jokowi Tegaskan Tak Akan Blokir Aplikasi Lain
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal klaim pihak Telegram yang mengaku telah menutup sejumlah akun yang berkaitan dengan kelompok teroris.

Ia mengatakan, pada kenyataannya hingga saat ini masih ribuan akun Telegram yang disinyalir digunakan oleh teroris untuk berkomunikasi dengan kelompok dan pihak-pihak yang berafiliasi dengannya.

Adapun hal ini diketahui berdasarkan pengamatan pemerintah terhadap penggunaan aplikasi yang mulai populer di Indonesia sejak tahun 2015 itu.

"Kenyataanya masih ada ribuan (akun) yang lolos dan digunakan baik digunakan untuk membangun komunikasi antara negara hal-hal yang berkaitan dengan terorisme," ujar Jokowi di Gedung ABN NasDem, Pancoran, Jakarta Pusat, Minggu (16/7/2017).

Lebih jauh, Jokowi menilai perlu adanya kerjasama khusus antara setiap pemilik perusahaan medsos maupun aplikasi dengan pemerintah Indonesia untuk mencegah penyalahgunaan medsos oleh teroris.

Setelah pemblokiran Telegram, lanjut Kepala Negara, pemerintah belum terpikirkan untuk membidik aplikasi maupun medsos lainnya untuk diblokir.

"Semestinya ada kerjasama seperti itu. Kemenkominfo sudah menyampaikan mungkin tidak sekali dua kali. Sekarang ini enggak ada (aplikasi atau medsos lainnya yang akan diblokir setelah Telegram). Tidak ada," tandasnya. [rym]

 
x