Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 Juli 2017 | 15:45 WIB

Jokowi Tak Masalah Perppu Ormas Digugat Hukum

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 16 Juli 2017 | 12:00 WIB
Jokowi Tak Masalah Perppu Ormas Digugat Hukum
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, diterbitkannya Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) merupakan bentuk kontrol pemerintah untuk mencegah kebebasan yang semakin kebablasan.

"Negara harus berani mengendalikan dan mengontrol karena itu memang adalah fungsi negara," tegas Jokowi di Gedung ABN NasDem, Pancoran, Jakarta Pusat, Minggu (16/7/2017).

Pada kesempatan ini, Jokowi juga mempersilakan setiap pihak yang tidak setuju dengan Perppu ini untuk menggugatnya melalui jalur hukum.

Adapun Perppu, lanjutnya, bukan diterbitkan dengan tujuan untuk menyudutkan pihak manapun. Melainkan, untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Siapa yang tidak setuju dengan Perppu ormas misalnya, silahkan tempuh jalur hukum. Kita negara hukum dan memberikan ruang kepada yang tidak setuju. Silakan tempuh melalui jalur hukum. Kita ingin negara ini tetap utuh. Negara tidak bisa dirongrong masa depannya, dirongrong kewibawaannya," tuturnya. [rym]

 
x