Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 04:03 WIB

Pilkada Jatim 2018

Pilkada Jatim, Nasdem Tak Buka Pendaftaran

Oleh : - | Sabtu, 15 Juli 2017 | 23:37 WIB
Pilkada Jatim, Nasdem Tak Buka Pendaftaran
Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur, Rendra Kresna - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Surabaya - Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Timur memastikan tidak akan membuka proses pendaftaran bakal calon gubernur untuk Pemilihan Kepala Daerah setempat yang diselenggarakan 27 Juni 2018.

"DPW tak membuka proses pendaftaran karena pusat sudah menentukan nama yang akan dipilih untuk selanjutnya direkomendasi," kata Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur, Rendra Kresna di Surabaya, Sabtu (15/7/2017).

Ia mengaku mendapat petunjuk dari Dewan Pimpinan Pusat bahwa khusus Pilkada Jawa Timur prosesnya dilakukan survei untuk dua nama yang dinilai layak memimpin daerah tersebut ke depan, yaitu Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa.

Menurut dia, kedua nama tersebut sama-sama memiliki kelayakan dan keunggulan masing-masing, antara lain Gus Ipul dengan pengalamannya 10 tahun menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur dan terbukti baik. Sedangkan, Khofifah dengan posisinya sebagai menteri maupun ketua organisasi perempuan terbesar.

"Pilihannya melalui survei internal yang hasilnya pasti dilaporkan ke pusat. Prosesnya, Agustus nama-nama yang tertinggi kami sampaikan, kemudian dibahas September di pusat sekaligus surat rekomendasi kepada siapa dukungan Pilkada Jatim," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya siap menjalankan perintah partai terkait siapa nantinya kandidat yang direkomendasikan oleh pimpinan pusat, baik Gus Ipul maupun Khofifah.

Partai NasDem pada Pilkada Jawa Timur 2018 harus berkoalisi dengan partai politik lain, karena hanya meraih empat kursi di DPRD Jawa Timur. Sedangkan, untuk mengusung pasangan calon sendiri dibutuhkan minimal 20 kursi legislatif.[tar]

 
Embed Widget

x