Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 04:53 WIB

Fahri: Tidak Bisa MK Diajak Konsultasi Buat Perppu

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Sabtu, 15 Juli 2017 | 00:27 WIB
Fahri: Tidak Bisa MK Diajak Konsultasi Buat Perppu
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah - (Foto: inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mengatakan Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan majelis hakim yang mengambil keputusan dalam proses persidangan sehingga tidak boleh ada konsultasi dalam pembuatan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

"Tidak ada istilah menyebutkan dia (MK) bisa buat keputusan didepan, dia buat keputusan di belakang. Kok tiba-tiba konsultasi, tidak bisa jadi ini salah," kata Fahri di Gedung DPR, Jumat (14/7/2017).

Oleh karena itu, Fahri meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk kembali kepada jalan yang benar. Menurut dia, ini bukan Indonesia yang diciptakan pasca reformasi.

"Ini abad-abad gelap, ini merampas secara massif kebebasan orang berserikat, berkumpul dan berpendapat. Kita tidak mau, Indonesia yang begini bukan Indonesia yang besar. Indonesia yang besar yang bebas dan merdeka, kita jauh kembali ke belakang," ujarnya.

Di samping itu, Fahri mengaku setuju dengan pendapat mantan Menteri Hukum dan Keamanan yang sekaligus Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra yang menilai bahwa ini lebih kejam dari zaman Belanda, orde lama dan orde baru.

"Sembrono, ini otak kecil yang bekerja. Ini bahaya sekali, segeralah, tarik Perppu itu," tandasnya.[jat]

Komentar

 
x