Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 13:28 WIB

Ini Ancaman Indonesia Versi BIN

Oleh : - | Jumat, 14 Juli 2017 | 22:36 WIB
Ini Ancaman Indonesia Versi BIN
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala BIN, Budi Gunawan mengatakan ada sejumlah ancaman yang memasuki Indonesia ditengah dunia yang multipolar. Antara lain, ancaman black ops dengan cara mempengaruhi kelompok tertentu untuk menciptakan situasi inkondusif.

"Ada ancaman psyco ops berupa berita hoax yang terus mempengaruhi opini masyarakat," kata Budi Gunawan di Jakarta, Jumat (14/7/2017).

Kemudian, kata dia, ancaman kelompok teror dengan konsep jihad fardiyah yang ingin menciptakan Khilafah Islamiyah seperti zaman Khilafah Usmaniyah.

Menurut dia, sekarang pergerakan kelompok ISIS di Timur Tengah mulai bergerak ke Asia Pasifik dan mempunyai tujuan untuk mendirikan Khilafah di wilayah Asia Pasifik.

Selain itu, ia mengatakan ancaman terbesar bagi Indonesia adalah narkoba dimana negeri ini dijadikan pasar narkoba oleh 27 kartel narkoba di dunia. Lalu ada ancaman ideologi yang anti Pancasila juga diwaspadai oleh mereka.

"Ancaman ekonomi juga ada, ini didominasi oleh ancaman maraknya produk palsu khususnya produk Tiongkok, dominasi mafia pangan dan energi, serta praktik ekonomi yang tidak sehat di kalangan pelaku ekonomi," ujarnya.

Ia mengatakan yang bahaya juga adalah isu anti Tiongkon, isu seperti ini masuknya tentara Tiongkok ke Indonesia termasuk banyak tenaga kerja asing ilegal ke Indonesia dan ancaman cyber serta media war.

"Maraknya informasi provokatif dan hoax yang dapat memecah belah bangsa Indonesia dengan mengadu domba antara ulama dengan pemerintah," jelas dia.

Di samping itu, serangan virus di komputer adalah ancaman dari pihak intelijen asing kepada Indonesia. Kemudian, ada ancaman separatisme oleh kelompok Gerakan Separatis Papua Barat dan Papua serta Gerakan Aceh Merdeka yang terus melakukan pergerakan signifikan.

"Maka dari itu, peran ulama, nasionalis ditambah TNI dan Polri adalah kekuatan sekaligus kebanggaan Indonesia dan negara untuk terus dapat menjaga keutuhan bangsa serta menjadi contoh bagi kehidupan dan peradaban dunia yang damai," tandasnya. [fad]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x