Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 Juli 2017 | 15:51 WIB

Buwas: Sabu 1 Ton Libatkan Penghuni Lapas

Oleh : Agus Irawan | Jumat, 14 Juli 2017 | 18:32 WIB
Buwas: Sabu 1 Ton Libatkan Penghuni Lapas
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) menduga ada keterlibatan penghuni lembaga permasyarakatan (lapas) dalam kegiatan penyelundupan 1 ton sabu asal China yang digagalkan polisi di Merak, Banten.

"Jadi jaringan sabu 1 ton dengan penghuni lapas lagi di telusuri, saya yakin ada yang terlibat," kata Buwas di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2017).

Buwas mengaku saat ini tengah melakulan penelusuran di seluruh wilayah dengan bekerja sama dengan Polri, Bea Cukai dan TNI. "PMJ sudah ketangkap, kita sama-sama mengungkapkan," katanya.

Dia menyebutkan jika pengungkapan kasus besar dibutuhkan kerja sama semua pihak agar bisa efektif. Bahkan aparat akan menyasar soal dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) atas jaringan 1 ton sabu tersebut.

"Penelusuran TPPU kita sama-sama, penelusuran jaringan kita bersama- sama untuk saat ini mana bagian BNN, jadi mana bagian polisi, mana bagian kepolisian, bagian Bea Cukai, dan melibatkan BIN, kita serahkan sebab kita ngomong soal negara bangsa,"jelasnya.

Sebelumnya, aparat gabungan Polda Metro Jaya dan Polresta Depok berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 1 ton sabu.Barang haram tersebut berasal dari China, serta diselundupkan melalui jalur laut Pelabuhan Merak, Banten.

Polri menerima informasi dari Kepolisian Taiwan jika ada pengiriman sabu ke Indonesia dalam jumlah besar oleh 6 WN Taiwan.

Sementara itu, 4 pelaku yang WNA mendapatkan 4 pelaku yakni, pertama Ling Ming Hui (WN Taiwan ditembak mati), Chen Wei Cyuan (WN Taiwan ditangkap), Liao Guan Yu (WN Thailand), HYL (WN Taiwan) yang sebelumnya sempat kabur kembali berhasil ditangkap.[jat]

Tags

 
Embed Widget

x