Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 15:40 WIB

Buktikan Ditekan, Miryam akan Hadirkan Saksi Ahli

Oleh : Agus Irawan | Kamis, 13 Juli 2017 | 14:46 WIB
Buktikan Ditekan, Miryam akan Hadirkan Saksi Ahli
Terdakwa Miryam Haryani - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Terdakwa Miryam Haryani mengaku tidak takut jika rekaman pemeriksaan terhadap dirinya akan diperlihatkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Justru, Miryam senang jika rekamanan pemeriksaannya ditayangkan di persidangan.

"Bagi saya tidak masalah, silahkan saja karena data yang mereka peroleh, jadi bagus," kata Miryam di persidangan Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (13/7/2017).

Dia menyebutkan akan ada perbedaan dalam rekaman video dengan orang yang tertekan fisiknya. Menurut dia, tekanan yang dia rasakan ketika itu tidak bisa dilihat dari tayangan video pemeriksaan.

"Jadi orang yang tertekan di video berbeda dengan orang tertekan fisiknya, contohnya kalau ada orang marah diam pasti tidak bisa dilihat dari tayangan video tersebut," jelasnya.

Bahkan, dia akan menghadirkan saksi ahli untuk membuktikan jika dirinya tertekan saat diperiksa penyidik KPK. Namun, saksi ahli yang akan dihadirkan oleh anggota DPR Fraksi Partai Hanura itu masih dirahasiakan.

Untuk diketahui, Jaksa KPK Kresno Anto Wibowo mengatakan dalam sidang anggota DPR Miryam S Haryani didakwa memberikan keterangan palsu dalam persidangan perkara dugaan korupsi e- KTP. Miryam dapat terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara.

"Terdakwa telah sengaja tidak memberi keterangan atau memberikan keterangan palsu," kata Jaksa KPK, Kresno.

Jaksa menyebutkan Miryam sengaja memberikan keterangan yang tidak benar dengan cara mencabut seluruh keterangannya yang pernah diberikan dalam BAP.

"Keterangan yang dicabut atas penerimaan uang dari Sugiharto dengan alasan ketika pemeriksaan penyidikan Miryam mengaku ditekan dan diancam oleh 3 orang penyidik KPK, alasan yang disampaikan Miryam tidak benar," jelasnya.[ris]

 
x