Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 18:36 WIB

Wiranto Sebut Perppu Tak Halangi Pembentukan Ormas

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 12 Juli 2017 | 16:14 WIB
Wiranto Sebut Perppu Tak Halangi Pembentukan Ormas
Menkopolhukam Wiranto - (Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto memastikan diterbitkannya Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tak bertujuan untuk menghalangi pembentukan ormas baru.

"Kebijakan membuat ormas itu kan, diizinkan dan dibuka seluasnya. Sudah lebih dari tiga ribu ormas di Indonesia itu bukan main loh. Artinya apa? Artinya, Pemerintah memberikan kebebasan untuk menyatakan pendapat, berkelompok untuk membuat organisasi," jelas Wiranto di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2017).

Adapun untuk menghindari ormas baru memiliki ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, pemerintah menegaskan bahwa Perppu ini ada guna mengantisipasi hal itu.

Pemerintah, lanjutnya, juga mewaspadai jika ada ormas yang nantinya dibubarkan karena bertentangan dengan ideologi negara lalu lahir kembali dengan identitas baru.

"Tentu catatannya adalah jangan sampai kebebasan disalahgunakan. Tatkala kebebasan diekspresikan dengan tujuan memengaruhi orang lain untuk membuat kekacauan dan melawan ideologi negara ya tidak boleh, tidak bisa," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x