Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 10:54 WIB

Gubernur Papua Lukas Enembe Jadi Tersangka

Oleh : Fadly Zikri | Selasa, 11 Juli 2017 | 19:31 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe Jadi Tersangka
Kabag Penum Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyidik Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) menetapkan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka dugaan pelanggaran di Pilkada Tolikara. Lukas Enembe dilaporkan oleh salah satu pasangan calon Bupati Tolikara, Amos Yikwa.

Kabag Penum Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul mengakatan, Enembe diduga menyalahgunakan jabatan dan kewenangannya mendukung calon Bupati Tolikara nomor urut 1 Usman G Wanimbo pada pemungutan suara ulang (PSU).

"Dia (Lukas Enembe) sendiri waktu kunjung ke satu kantor pemerintahan di Tolikara, kemudian dia berpidato ada peresmian gedung perkantoran dia bicara, salah satu pembicaranya merugikan salah satu paslon. Itu paslon hadir dan mendengar kemudian melapor pada Gakkum, Panwas, Jaksa, Polisi dan lainnya," kata Martinus di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Adapun yang membuat Lukas Enembe jadi tersangka adalah, ajakan untuk memilih salah satu pasangan calon, yaitu pasangan nomor urut 1.

"Kalimat membuat salah satu paslon lain lapor adalah saya tidak mengerti kenapa harus dilaksanakan PSU, dengan alasan apa yang jelas suara di Distrik Kanggime harus diberikan kepada paslon nomor 1. Jadi ini merugikan paslon lainnya," ujar Martin.

Lukas Enembe dan pihak pelapor Amos Yokawa diketahui sudah berdamai. Namun, proses hukum kasus tersebut tetap berjalan. [rok]

Komentar

 
x