Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 22:02 WIB

Waspadai Calo CPNS di MA dan Kemenkumham

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 11 Juli 2017 | 19:22 WIB
Waspadai Calo CPNS di MA dan Kemenkumham
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur mengimbau masyarakat yang ingin mendaftar sebagai calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khususnya di Mahkamah Agung serta Kementerian Hukum dan HAM untuk menghindari jasa calo.

Karena menurut dia, perekrutan calon PNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN dan tidak dipungut biaya. Sehingga, tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun.

"Setelah selesai ujian, perserta akan langsung mengetahui nilainya. Jadi, jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan," kata Asman di kantornya, Selasa (11/7/2017).

Sementara, masyarakat yang ingin mendaftar sebagai calon PNS di Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung, informasinya dapat diakses langsung melalui beberapa situs.

Seperti perekrutan seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1-31 Agustus.

Sedangkan, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Kemudian, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan Seleksi kompetensi bidang (SKB).

Berikut situs yang dapat dilihat bagi peminat CPNS:

a. Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id
b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id
c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum. mahkamahagung.go.id, http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/
d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id [ton]

 
x