Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 22:15 WIB

Cuara Buruk, Petani Garam Gagal Panen

Oleh : - | Selasa, 11 Juli 2017 | 17:01 WIB
Cuara Buruk, Petani Garam Gagal Panen
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Sumenep - Panen garam di Sumenep tahun 2017 mundur dari jadwal, karena cuaca tak mendukung.

"Beberapa petani kami yang sudah mulai tanam, ternyata kemarin sempat gagal panen karena masih ada hujan," kata Direktur Produksi PT Garam, Budi Sasongko, Selasa (11/07/2017).

Ia mengakui bahwa sudah ada beberapa petani yang mulai panen garam. Namun jumlahnya sangat minim. Untuk produksi garam di lahan milik PT Garam, sampai saat ini hanya berkisar 50 ton.

"Jumlah itu tentu saja sangat jauh dibanding tahun-tahun sebelumnya. Biasanya kalau cuaca bagus, pada bulan Mei atau Juni, produksi bisa mencapai 2.000 - 5.000 ton," ujarnya.

Ia menjelaskan, turunnya jumlah produksi garam tidak hanya terjadi di Sumenep, tetapi juga di daerah-daerah lain yang memiliki lahan garam.

"Di Kupang misalnya. Produksi sekarang ini hanya sekitar 100 ton. Sangat minim. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

Ia berharap agar cuaca membaik sehingga mampu mendukung panen garam. Apabila tidak ada hujan, diperkirakan pada akhir Juli atau paling lambat awal Agustus, sudah masuk masa panen garam.

"Ya semoga saja sudah tidak ada hujan lagi, sehingga bisa panen raya. Dengan begitu, kami berharap agar stok garam yang dikeluhkan minim ini bisa teratasi," ujarnya. [beritajatim]

 
x