Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 14:26 WIB

PPP Tolak Calon yang Diajukan Gubernur Kepri

Oleh : - | Senin, 10 Juli 2017 | 19:41 WIB
PPP Tolak Calon yang Diajukan Gubernur Kepri
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Tanjungpinang - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menolak satu dari dua nama Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) yang direkomendasikan Gubernur Nurdin Basirun.

"Sejak awal kami menolaknya, pertama karena satu dari dua nama yang diusulkan partai pengusung sebagai Cawagub Kepri tidak sama. Kedua, nama yang direkomendasikan tersebut belum disetujui ketua dewan pimpin pusat," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPP Kepri Syarafudin Aluan, di Tanjungpinang, Kepri, Senin (10/7/2017).

Gubernur Nurdin Basirun mengajukan dua nama calon wagub, yaitu Isdianto dan Agus Wibowo.

Berdasarkan catatan, seluruh partai pengusung merekomendasikan Isdianto sebagai cawagub Kepri. Namun tidak semua partai mengajukan Agus WIbowo, melainkan sosok yang berbeda-beda dari tiap partai.

Panitia Khusus Pemilihan Cawagub Kepri memberi ruang luas kepada Gubernur Nurdin agar rekomendasinya diterima, dengan catatan harus disetujui seluruh pengurus partai pengusung melalui berita acara.

Terkait sikap panitia khusus yang akan dituangkan dalam tata tertib pemilihan itu, Aluan menegaskan proses pemilihan akan cacat hukum bila hanya mengandalkan berita acara.

Menurut dia, semestinya surat ditandatangani oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai pengusung. Lagi pula tidak semua pengurus partai pengusung menyetujuinya.

Jika dipaksakan, ia khawatir menimbulkan masalah baru, karena rawan digugat.

Sikap PPP Kepri akan dituangkan ke dalam pendapat fraksi di DPRD Kepri.

"Dalam ketentuan yang berlaku, wajib ketua dewan pimpinan pusat yang memutuskannya, bukan pengurus provinsi," ujar Sekretaris Komisi I DPRD Kepri ini.

Aluan menegaskan, sebagai partai pengusung, PPP mengusulkan Isdianto, Mustafa Widjaja dan Fauzi Bahar sebagai Cawagub Kepri.

Sedang partai lainnya, seperti Nasional Demokrat Kepri yang dipimpin Nurdin Basirun mengusulkan Isdianto dan Rini Fitrianti, Partai Kebangkitan Bangsa mengusulkan Isdianto dan Mustafa Widjaja, dan Partai Gerakan Indonesia Raya mengusulkan Isdianto dan Fauzi Bahar.

Sementara Partai Demokrat mengusulkan Isdianto dan Agus Wibowo. Dalam rapat penetapan nama-nama yang diusulkan sebagai Cawagub Kepri, Gubernur Nurdin merekomendasikan usulan Partai Demokrat.

"Jelas dalam ketentuan, nama-nama yang diusulkan kelima partai pengusung itu harus sama. Karena itu, seluruh pengurus partai pengusung harus merapatkan barisan, duduk bersama, melepaskan egoisme, kemudian membahas nama-nama yang layak direkomendasikan sebagai Cawagub Kepri," katanya.[tar]

Komentar

 
x