Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 Juli 2017 | 15:50 WIB

Pansus Pemilu Ingin 4 Isu Tak Tersandera Isu PT

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 10 Juli 2017 | 17:36 WIB
Pansus Pemilu Ingin 4 Isu Tak Tersandera Isu PT
Ketua Pansus RUU Pemilu, Lukman Edy - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Pansus RUU Pemilu, Lukman Edy berharap empat isu dari lima isu krusial yang belum terjadi kesepakatan pembahasan RUU Pemilu dapat diputuskan hari ini, Senin (10/7/2017).

Dengan begitu satu isu yang alot soal presidential threshold (PT) bisa menyusul sampai batas waktu tanggal 20 Juli 2017.

"Saya harap rapat panja hari ini atau rapat pansus bisa menetapkan dulu empat isu krusial lain, supaya empat isu ini tidak tersandera dengan satu isu tentang presidential threshold," kata Lukman di Gedung DPR.

Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi PKB itu menjelaskan masih ada waktu untuk lobi-lobi membahas isu presidential threshold sampai 20 Juli, apabila tidak menemukan titik terang atas isu presidential threshold nanti tentu akan diselesaikan dalam rapat paripurna tanggal 20 Juli mendatang.

"Kalau memang masih memerlukan waktu untuk loni-lobi presidential threshold, masih ada waktu sampai 20 Juli. Tapi, jangan menyandera empat isu lain," ujarnya.

Menurut dia, empat isu yang harus diputuskan hari ini karena tidak ada sikap resmi dari pemerintah. Misalnya, soal parlementiary threshold dimana ada kecenderungan diambil di empat persen. Kemudian, sistem pemilu dominan tetap terbuka.

"Jadi menurut saya, ini sudah bisa diimplementasikan dua isu krusial ini. Tentang metode konversi masih ada dua sikap, saint lague murni dan kuota hare, tapi ini masih bisa dibuka forum untuk jajak pendapat sehingga bisa kelihatan dominan mana dan diambil keputusan sebagai sikap pansus," jelas dia.

Selain itu, distrik magnitude juga ada perbedaan antara 3-8 dan 3-10. Namun, ini bisa juga diambil jajak pendapat ditingkat pansus sehingga kelihatan dominan mana. Namun, soal presidential threshold saya dapat kabar posisi pemerintah belum berubah tetap minta 20 persen.

"Teman-teman di fraksi tetap memiliki pendapat yang berbeda juga, ada yang setuju usulan pemerintah, sebagian tetap bertahan tanpa threshold atau nol persen dan ada jalan tengah 10-15 persen. Tapi belum direspon pemerintah," tandasnya. [ton]

 
x