Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 23:42 WIB

Keberanian Pemerintah Bubarkan HTI Dipertanyakan

Oleh : - | Sabtu, 8 Juli 2017 | 12:22 WIB
Keberanian Pemerintah Bubarkan HTI Dipertanyakan
Menko Polhukam Wiranto memberikan keterangan pers mengenai pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gerakan Pemuda Ansor mempertanyakan keberanian pemerintah untuk secara tegas membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pasalnya, hingga saat ini tidak ada tindaklanjut atas proses hukum HTI setelah diwacanakan untuk dibubarkan.

"Sampai hari ini kita tidak mendengar langkah pemerintah menindaklanjuti dengan proses hukum," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

Menurut dia sejak diumumkannya pembubaran HTI oleh Menkopolhukam, masyarakat banyak bertanya-tanya mengenai kelanjutan pembubaran HTI secara sah oleh pemerintah.

Terlebih lagi HTI dinilai telah menjalankan kegiatannya yang bertentangan dengan Pancasila. "Sebenarnya ini soal keberanian saja dari pemerintah," tandasnya.

Meskipun begitu dirinya mengakui pembubaran ormas harus melalui sejumlah pertimbangan dan keputusannya berujung di pengadilan. Hal ini tercantum dalam UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang pembubaran ormas. [ton]

 
x