Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 13:34 WIB

Disinggung Uang e-KTP, Marzuki Alie Naik Pitam

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 6 Juli 2017 | 16:25 WIB
Disinggung Uang e-KTP, Marzuki Alie Naik Pitam
Mantan Ketua DPR Marzuki Alie - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Ketua DPR Marzuki Alie langsung naik pitam sewaktu dipertegas mengenai dugaan penerimaan uang senilai Rp 20 miliar dari hasil korupsi pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

"You ngomong atau apa? kok uang!. Apakah uang atau barang tidak pernah saya ambil," kata Marzuki usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong, Kamis (6/7/2017).

Menurut Mazuki, pada saat pemeriksaan tadi penyidik memang menanyakan soal keterkaitannya dengan e-KTP. Termasuk mengenai dugaan penerimaan uang. Tapi, dia membantah menerima uang seperti yang disebut dalam surat dakwaan dan tuntutan terdakwa Irman dan Sugiharto.

"Ada tiga hal, pertama hubungan dengan Demkrat, bubungan selaku ketua DPR RI terhadpa persoalan, ketiga kaitan dengan kasus e-KTP sendiri," kata Marzuki.

Bukan hanya uang hasil korupsi e-KTP, dia juga menegaskan tidak pernah mengambil keuntungan dari proyek yang ada di DPR selama dirinya menjabat sebagai ketua. Itu juga sudah disampaikan Politikus Demokrat ini kepada penyidik KPK.

"Saya engga pernah menerima sesuatu tidak hanya e-KTP, semua proyek DPR saya ga pernah mengambil sesuatu, bukan hanya e-KTP," kata dia.

Dalam surat tuntutan Irman dan Sugiharto, Marzuki Ali disebut sudah menerima uang senilai Rp 20 miliar. Uang yang diberikan ke Marzuki Alie ditulis dalam seacarik kertas dengan inisila MA.

"Selanjutnya Andi Agustinus merealisasikan rencana tersebut diantaranya memberikan uang kepada Marzuki Alie dan Chairuman Harahap masing-masing senilai Rp 20 miliar," kata jaksa KPK saat membacakan surat tuntutan. [ton]

Komentar

 
x