Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 05:14 WIB

Ketua KPK Akui Ikut Rapat Pembahasan Proyek e-KTP

Oleh : Fadhly Zikry | Kamis, 6 Juli 2017 | 16:15 WIB
Ketua KPK Akui Ikut Rapat Pembahasan Proyek e-KTP
Ketua KPK Agus Rahardjo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo mengakui pernah ikut rapat pembahasan proyek e-KTP. Saat itu Agus menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Kemendagri saya (memberikan pendampingan), memberikan saran, LKPP hanya memberikan saran sesuai perundang-undangan," kata Agus saat bersilaturahmi dengan Mabes Polri, Kamis (6/7/2017).

Agus pun menceritakan rapat bersama Wakil Presiden saat itu Boediono. Boediono waktu itu memerintahkan Sofyan Djalil untuk membahas hal teknis. Namun Agus mengaku LKPP merekomendasikan agar proyek e-KTP tidak dilanjutkan.

"Tapi saran itu tidak pernah diikuti PPK maupun pengguna anggaran, tidak pernah ikuti saran kita. Sehingga rapat terakhir di Wakil Presiden pak Boediono menugaskan Sofyan Djalil membahas soal teknis," tuturnya.

"Kami sarankan supaya lelang dibatalkan, kemudian diulangi lagi tender, tapi itu tidak dilakukan, tapi mereka terus," tambahnya.

Penjelasan Agus pun bertolak belakang dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang pertama kali menyebutkan keterlibatan Agus dalam proses proyek e-KTP.

"Saya meminta Agus Rahardjo mengundurkan diri dari KPK. Sebab kalau di posisi dia sebagai Mantan Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) dan Ketua KPK sekarang, ada konflik kepentingan," kata Fahri di DPR, Selasa (14/3/2017).

Meskipun begitu, Agus mengaku tetap optimis dengan kasus e-KTP yang diusut KPK."Kejadian itu nanti proses hukum membutikan dipengadilan. Konflik interest saya tidak terkait," tandas Agus.

Komentar

 
x