Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:16 WIB

Wiranto: Pemerintah Kaji Pengiriman TNI ke Marawi

Oleh : - | Senin, 3 Juli 2017 | 15:51 WIB
Wiranto: Pemerintah Kaji Pengiriman TNI ke Marawi
Menko Polhukam Wiranto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto menyebut, TNI tengah mengkaji rencana mengirimkan pasukan ke Filipina untuk memerangi kelompok Maute yang terafiliasi ISIS di Marawi dalam waktu dekat.

"Kita sedang menyelesaikan berbagai rencana itu, tetapi yang pasti, yang sudah bergerak di lapangan itu kan patroli maritim bersama. Untuk mengirim pasukan ke sana tidak gampang kan. Perlu ada persiapan, baik persiapan konstitusional, persiapan legislasinya, maupun persiapan berupa suatu penyamaan prosedur operasi bersama," kata Wiranto, Senin (3/7/2017).

Menurut mantan Ketua Umum Partai Hanura itu, mempersiapkan pengiriman pasukan ke negara lain tidak mudah. "Itu tidak mudah. Jadi kita tunggu sejauh mana, jadi jangan sampai ada isu kita sudah mengirimkan pasukan ke sana, belum. Kita sedang merancang suatu yang baik," katanya.

Wiranto juga menghargai tawaran Filipina agar TNI bisa masuk ke Marawi dalam memerangi militan yang terafiliasi dengan ISIS.

"Itu patut kita hargai karena mereka hargai Indonesia sebagai negara yang mempunyai kemampuan untuk melakukan suatu operasi perkotaan seperti itu," katanya.

Menko Polhukam mengatakan saat ini masih merancang prosedur operasi bersama dalam memerangi militan di Marawi tersebut.

"Nah sekarang sedang kita rancang bersama bagaimana melakukan suatu prosedur operasi bersama, apakah latihan, atau operasinya, sedang digarap oleh AD, AL, AU," katanya.

Wiranto mengatakan komunikasi dengan Filipina terus menerus dan operasi bersama perlu persiapan waktu. [tar]

Komentar

 
x