Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 15:44 WIB

Lebaran, Warga Banyuwangi Terendam Banjir

Oleh : - | Selasa, 27 Juni 2017 | 14:01 WIB
Lebaran, Warga Banyuwangi Terendam Banjir
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Banyuwangi - Hujan deras menjelang pagi, dua desa di Kecamatan Muncar, Banyuwangi terendam banjir yakni Desa Kedungrejo dan Desa Kedungringin. Akibatnya, ada puluhan rumah yang menjadi daerah terdampak banjir paling parah ini.

Kondisi ini cukup mengganggu bagi aktivitas mereka terlebih saat ini masih dalam suasana lebaran. Ketinggian air banjir di derah ini rata-rata mencapi 50 hingga 100 centimeter. Banjir tak hanya menggenang halaman, tapi juga masuk ke rumah warga.

Menurut warga, air yang masuk begitu cepat sehingga membuat sejumlah warga di daerah itu tak sempat menyelamatkan barang berharga mereka. Sebagian mereka hanya menyelamatkan anggota keluarga ke daerah yang lebih aman.

Seperti yang terlihat di Perumahan Dusun Stoplas RT 4/ 4, Desa Kedungrejo, Muncar. Di daerah ini, air mulai masuk pemukiman pkl 02.30 Wib ketinggian 75 - 100 centimeter.

"Hujan cukup deras mulai dini hari sampai selepas Sholat Subuh. Jadi airnya langsung masuk ke rumah warga," kata warga Tratas, Desa Kedungring, Kecamatan Muncar, Sholeh, Selasa (27/6/2017).

Tak banyak yang bisa dilakukan oleh sejumlah warga ini. Mereka hanya berusaha untuk mengurangi ketinggian air dengan menguras menggunakan alat seadanya.

"Kita dari pagi udah membendung air dengan pasir kemudian dikuras, lumayan sudah mulai surut," katanya.

Tak hanya halaman dan rumah, banjir juga sempat merendam puluhan hektar sawah di daerah tersebut. Meski sempat meninggi, namun warga memperkirakan air banjir telah mulai berangsur surut. Kondisi ini bersamaan dengan mulai redanya hujan yang turun di daerah tersebut.

"Saat ini dah surut tinggal 30 - 50 centimeter, terdampak 20 rumah keluarga. saat ini rumah yg masih kemasukan air 10 rumah ketinggian 30 centimeter," kata Anggota BPBD Banyuwangi, Ade Setyawan saat dihubungi.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada kabar mengenai korban pada banjir tersebut. Namun, warga dipastikan menderita kerugian hingga puluhan juta.[beritajatim.com]

 
x