Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 Juli 2017 | 15:52 WIB

Cegah Kelompok Teror, RI Siapkan Pertukaran Intel

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 22 Juni 2017 | 20:11 WIB
Cegah Kelompok Teror, RI Siapkan Pertukaran Intel
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan kesiapan pemerintah Indonesia untuk membantu Filipina mengantisipasi dampak konflik bersenjata di Marawi, Filipina Selatan yang berbatasan dengan Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

Adapun kesediaan memberikan bantuan ini merupakan bagian kerjasama trilateral antara Indonesia dengan Filipina dan Malaysia dalam mengantisipasi penyebaran kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan ISIS.

"Kami kan, sepakat kerjasama trilateral. Mereka (kelompok bersenjata) itu musuh bersama, musuh kita juga. Kita harus menghadapinya bersama-sama. Dengan kebersamaan itu pasti keberhasilan lebih besar. Daripada sendiri-sendiri kan?" jelas Ryamizard di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2017).

Ia mengaku hingga saat ini tak lepas kontak dengan Menhan Filipina dan Malaysia untuk meningkatkan koordinasi mengenai hal ini.

"Kita setiap hari dengan Menhan Filipina dan Malaysia itu minimal dua hari saling telepon-teleponan," ucapnya.

Adapun koordinasi paling penting yang dilakukan dalam koordinasi Menhan lintas negara ini menyangkut soal pertukaran intelijen.

"Pertukaran intelijen paling penting. Kalau kita jalan enggak ada intelijen percuma saja. Kedua, memperketat patroli laut untuk kemudian kita juga bahas untuk udara dan darat," tandasnya. [ton]

Tags

 
x