Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 09:57 WIB

Pansus Ancam Bekukan Anggaran KPK-Polri

Pansus Angket Gertak Sambal

Oleh : Ivan Setyadi | Kamis, 22 Juni 2017 | 07:22 WIB
Pansus Angket Gertak Sambal
Pengamat komunikasi politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sikap Pansus Hak Angket KPK yang mengancam akan membekukan anggaran KPK dan Polri lantaran tak bersedia menghadirkan Miryam, tersangka pemberi keterangan palsu dalam kasus korupsi e-KTP bisa fatal.

Pengamat komunikasi politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe, berpesan, agar DPR bersiap menghadapi hujan kritik jika pembekuan anggaran jadi dilakukan.

"Itu gertak sambal aja. Sebab bila DPR melakukan cara begtu berarti mereka akan berhadapan dengan rakyat," katanya kepada INILAHCOM, Rabu (21/6/2017).

Sebagai kepanjangan tangan rakyat, sudah barang tentu DPR berfungsi mewakili kepentingan rakyat dalam bernegara. KPK, tidak bisa dipungkiri masih menjadi lembaga yang banyak mendapar dukungan dari rakyat. Begitu juga Polri.

"Mereka tidak boleh memcampuradukan fungsi mereka dengan persoalan yang ga ada hubungan sama sekali. DPR harus taat konstitusi yang ada dan tidak boleh memberikan pernyataan yang jusrtu merendahkan martabat DPR itu sendiri," ungkapnya.

Sebelumnya, Pansus Hak Angket KPK di DPR bereaksi keras atas pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menolak menjemput paksa Miryam. Anggota Pansus Hak Angket KPK, Muhammad Misbakhun menyarankan DPR untuk membekukan anggaran KPK-Polri untuk tahun 2018.

"Kita mempertimbangkan menggunakan hak budgeter DPR di mana saat ini dibahas di RAPBN 2018, termasuk di dalamnya anggaran polisi dan KPK. Apabila mereka tidak menjalankan apa yang menjadi amanat UU MD3, maka DPR mempertimbangkan, saya meminta Komisi III mempertimbangkan pembahasan anggaran kepolisian dan KPK," kata Misbakhun di gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (20/6/2017).

 
Embed Widget

x