Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 04:33 WIB

Ini Sikap KPK Terkait Panggilan Miryam oleh Pansus

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 19 Juni 2017 | 07:06 WIB
Ini Sikap KPK Terkait Panggilan Miryam oleh Pansus
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - KPK belum menyampaikan sikap resmi terkait rencana pemanggilan Miryam S Haryani Pansus hak angket yang akan dilakukan pada Senin 19 Juni 2017 hari ini.

"Keputusan atau Responnya pagi akan disampaikan ke DPR. Suratnya kan sudah dikirimkan ke KPK. Nah tentu sebagai bentuk respon kami nanti akan kami sampaikan ke DPR lagi," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah pada INILAHCOM, Jakarta, Senin (19/6/2017) pagi.

Dipertegas apakah pihaknya tidak akan mengizinkan Miryam ke DPR, Febri menjawab diplomatis. Dia mengatakan, pihaknya akan memberi tanggapan pada Pansus hak angket pagi ini.

"Kami akan melihat misalnya sesuai tidak dengan kitab hukum undang undang acara pidana. Karena sejak awal di RDP kami bilang terkait dengan perkara kita tidak bisa buka misalnya rekaman Miriam pada saat penyidikan dan yang kedua terkait dengan hal hal perkara yang sedang ditangani oleh KPK sebaiknya tentu harus disimak dalam fakta persidangan saja," kata dia.

Namun demikian, pihaknya tetap menghormati angket tersenut. "Intinya kami hormati kewenangan konstitusitusional DPR untuk melakukan pengawasan," ujar dia.

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif sebelumnya mengatakan lembaganya tak bakal mengizinkan Miryam S. Haryani untuk memberikan keterangan di luar pengadilan. Terlebih, jika yang diminta menyangkut substansi yang sedang diproses di KPK.

"KPK beranggapan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, KPK tidak akan memperbolehkan tersangka KPK untuk memberikan keterangan di luar proses peradilan," kata Syarif. [ind]

Tags

Komentar

 
x