Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Desember 2017 | 01:43 WIB

DPR Minta Polri Awasi Pabrik Senjata Rakitan

Oleh : - | Minggu, 18 Juni 2017 | 17:32 WIB
DPR Minta Polri Awasi Pabrik Senjata Rakitan
Anggota Komisi III DPR, Ahmad Sahroni - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR, Ahmad Sahroni meminta kepada Polri tidak mendiskreditkan atau mengkaitkan penggunaan senjata api ilegal dengan organisasi atau komunitas penembak seperti Perbakin. Menurut dia, Polri harus mengawasi pabrik senjata rakitan.

"Setiap ada kasus kejahatan selalu mengefek ke komunitas penembak," kata Sahroni di Jakarta, Minggu (18/6/2017).

Anggota Fraksi Partai Nasdem itu mengatakan komunitas penembak seperti Perbakin selama ini sudah melakukan pengawasan yang ketat sesuai dengan prosedural dan ketentuan yang berlaku, bahkan senjata yang dimiliki anggota Perbakin tercatat di lembaga yang berwenang mengeluarkan izin tersebut.

"Semua senjata yang dimiliki anggota Perbakin terdaftar di Mabes Polri dan juga Perbakin," ujarnya.

Menurut dia, stigma negatif kerap diarahkan kepada Perbakin saat aksi perampokan disertai senjata api marak terjadi. Padahalm Perbakin selalu menerapkan prosedur untuk penggunaan senjata api oleh anggotanya.

"Polisi harus menelusuri peredaran peluru yang akhirnya digunakan pelaku kejahatan bersenjata api rakitan. Peluru tersebut bisa diperoleh dari berbagai faktor, termasuk kemungkinan sisa kelompok separatis," jelas dia.

Maka dari itu, Sahroni memnta kepada Polri harus melakukan pengawasan terhadap tempat produksi senjata rakitan yang pada umumnya berkamuflase dengan pembuatan senjata angin.

"Banyak menyebar di beberapa daerah lokasi pembuatan senjata angin seperti di Lampung, Bandung dan lainnya. Ini harus diawasi apakah mereka ternyata memproduksi senjata rakitan yang kemudian digunakan pelaku kejahatan," tandasnya.[ris]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x